Indonesia Dimata Dunia

Kelebihan Indonesia Dimata Dunia

Banyak prestasi dan anugerah yang diterima oleh Indonesia yang membuat negara lain merasa iri, dan kadang sampai "gemes" karena kita belum secara maksimal memanfaatkan kelebihan yang kita miliki.


Indonesia Negara Maritim dan Kepulauan Terbesar Di Dunia

Pakar Hukum Laut Hasjim Djalal menilai bahwa negara indonesia adalah negara kepulauan,belum sepenuhnya menjadi negara maritim. Menurut beliau negara maritim tidak sama dengan negara kepulauan. “Indonesia menurut Konvensi Hukum Laut 1982 adalah negara kepulauan (archipelagic state) yaitu suatu negara dimana dapat memenuhi syarat syarat dalam Konvensi Hukum Laut, antara lain perbandingan luas lautan dan daratan tidak boleh kurang dari 1:1 dan tidak melebihi 9:1,”

negara maritime harus mampu memanfaatkan laut walaupun negara tersebut mungkin wilayahnya tidak terdiri atas wilayah perairan yang luas, namun mempunyai kemampuan berupa teknologi, ilmu pengetahuan, peralatan untuk mengelola dan memanfaatkan laut tersebut. Seperti halnya lautnya sangat kecil namun mampu menjelajah  sampai ke Samudera Hindia yang kemudian menjajah Indonesia hingga 350 tahun.

Walaupun demikian fakta bahwa negara indonesia adalah Negara kepulauan paling besar didunia dengan jumlah pulau sebanyak 17.504, dan 3 diantaranya termasuk dalam jajaran pulau terbesar di dunia  (Kalimantan pulau terbesar ke 3 didunia 539.460 km2, Sumatera 473.606 km2, dan  421.981 km2) serta memiliki Perairan  dengan luas 90.000 km2 yang panjang pantainya  81.000 km2 atau nyaris 25 % panjang pantai didunia, pengakuan bahwa Indonesia adalah negara maritim dan kepulauan terbesar di duniapun tidak terbantahkan. Untuk masalah apakah Indonesia mampu mengolah dengan maksimal atau tidak itu tergantung dari sudut pandang mana kita melihat, masa lalu, sekarang, atau masa depan

Antropologi Budaya dan Sosial masyarakat Indonesia

Indonesian culture diversity
Secara umum para ilmuwan menjelaskan bahwa bangsa Indonesia sebagai masyarakat majemuk yang terdiri atas berbagai macam suku, agama, ras, dan golongan,berbicara dengan berbagai macam bahasa daerah, tersebar di 17.504 pulau dalam wadah NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dengan semboyannya Bhinneka Tunggal Ika, dalam ilmu antropologi ada beberapa hal yang menonjol dari Indonesia dimata dunia internasional :
  • Indonesia adalah negara dengan jumlah suku terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku di Indonesia.
  • Negara Indonesia adalah negara dengan bahasa daerah terbanyak di dunia yaitu 583 bahasa dan dialek yang berasal dari 67 bahasa induk.
  • Indonesia merupakan negara dengan jumlah pemeluk agama Islam terbesar di dunia kurang lebih 216 juta jiwa atau 88% dari jumlah seluruh masyarakat di Indonesia.
  • Tempat ditemukannya manusia purba tertua didunia Pithecanthropus Erectus yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu.

Potensi Sumber Daya Alam Di Indonesia

Dari sudut pandang sumber daya mineral Indonesia dimata dunia internasional kurang lebih sebagai berikut :

Batubara - Indonesia merupakan negara penghasil batu bara terbesar kelima di dunia dan pengkespor batu bara nomer 1 di dunia. Negara tujuan ekspor batu bara indonesia adalah Hongkong, Tiwan, China, Korea selatan, Jepang, India, Eropa, dan Italia.

Di Indonesia batu bara kurang dimanfaatkan dengan baik dibandingkan dengan pemanfaatan minyak . Cadangan batu bara indonesia mencapai 19,3 milyar ton.


Minyak Bumi - Minyak bumi atau dikenal juga sebagai emas hitam merupakan cairan kental, cokelat gelap yang mudah terbakar yang terdapat pada lapisan teratas dari beberapa area di kerak bumi. Sebagaimana hutan, tidak semua negara memiliki minyak bumi, Potensi minyak bumi Indonesia terus mengalami penurunan karena terus menerud di eksploitasi.Saat ini Indonesia termasuk dalam daftar negara pengimpor minyak bumi karena konsumsi BBM jauh lebih tinggi dibanding produksi yang ada.

Gas Alam - Indonesia memiliki cadangan gas alam 2,8 triliun meter kubik. Jumlah ini hanya 1,5% dari jumlah cadangan gas alam dunia. Negara dengan cadangan gas alam terbesar di dunia adalah Rusia 48 triliun meter kubik, Iran 27 triliun meter kubik, dan Qatar 26 triliun meter kubik. Walaupun persentasenya termasuk kecil, namun Indonesia merupakan negara pengekspor gas alam terbesar di dunia sebagaimana Batubara Gas Alam belum begitu favorit bagi masyarakat Indonesia.

Keanekaragaman hayati di Indonesia

Indonesia Bio Diversity
Negeri ini punyai Hutan Tropis terbesar di dunia, hutan tropis Indonesia seluas 39.549.447 Hektar, dengan keanekaragaman hayati terlengkap didunia. Letaknya di Pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan papua. Dari segi tingkat keanekaragaman hayati indonesia dimata dunia adalah negara dengan tingkat keanekaragaman tertinggi di dunia :

Persebaran Tumbuhan (Flora) di Indonesia - Jenis tumbuhan yang ada di Indonesia diperkirakan  25.000 jenis atau lebih dari 10% jumlah seluruh flora dunia. Lumut dan ganggang yang ada di Indonesia jumlahnya 35.000 jenis.

Tidak kurang dari 40% dari flora di Indonesia merupakan jenis endemik yang hanya terdapat di Indonesia dan tidak ada di negara lain di dunia.
Beberapa jenis tumbuhan khas di Indonesia :
  • Buah - Durian ( Durio zibethinus ), Salak ( Salacca edulis ) - salak pondoh , salak bali, salak condet, dll
  • Bunga - Bunga Bangkai ( Rafflesia arnoldi )
  • Pohon Jati (Tectona grandis), Mahoni (Switenia mahagoni), Kenari (Canarium caesius), keruing (Dipterocarpus  sp), Matoa (Pometia pinnata), Meranti (Shorea sp), rotan (Calamus caesius), Cendana (Santalumalbum), kayu putih (Eucalyptus alba) dll

Persebaran Hewan (Fauna) di Indonesia - Jenis hewan yang berada di Indonesia berjumlah 220.000 jenis dengan rincian 200.000 jenis serangga (17% serangga di dunia ada di Indonesia), 4.000 jenis ikan, 2.000 jenis burung, serta 1.000 jenis reptil dan amphibi.

Penyebaran hewan di Indonesia, terkait erat dengan letak geografis. Secara umum sebaran fauna terbagi atas dua wilayah, yaitu kawasan timur (Fauna Australia) dan kawasan barat (Fauna Asia).

Hewan dan Tumbuhan endemik  di Indonesia :
  • Hewan endemik Indonesia : harimau jawa (Panthera tigris sondaicus), harimau bali (sudah punah), jalak bali putih (Leucopsar rothschildi), Anurophasis monorthonyx (Puyuh Jayawijaya / Snow Mountain Quail), badak bercula satu (Rhinoceros sondaicus), binturong (Artictis binturong), monyet (Presbytis thomasi), Cicinnurus respublica (Cendrawasih Botak / Wilson’s Bird-of-paradise), tarsius (Tarsius bancanus), kukang (Nycticebus coucang), Monarcha brehmii (Kehicap Biak / Biak Monarch), maleo (hanya di Sulawesi), komodo (Varanus komodoensis).dll
  • Tumbuhan endemik Indonesia Anaphalis javanica (edelweiss jawa), Rafflesia arnoldii (endemik di Sumatra Barat, Bengkulu, dan Aceh), Rafflesia borneensis (Kalimantan), Rafflesia cilliata (Kalimantan Timur), Rafflesia horsfilldii (Jawa), Rafflesia patma (Nusa Kambangan dan Pangandaran), Rafflesia rochussenii (Jawa Barat),  Ceratolobus glaucescens (palem jawa), Clethra javanica, Coelogyne pandurata (Anggrek hitam)dan Rafflesia contleyi (Sumatra bagian timur). Bedali (Radermachera gigantean),  Kepuh (Stereula foetida),  Bungur (Lagerstroemia spesiosa), Nangka celeng (Arthocarpus heterophyllus),  Guioa asquamosa, Guioa malukuensis, Mundu (Garcinia dulcis),  Sawo kecik (Manilkara kauki),  Winong (Tetrameles nudiflora),  Kluwak (Pingium edule),  Gandaria (Bouea macrophylla). dll

sumber : http://www.hamengkubuwono.com/2016/05/indonesia-dimata-dunia-internasional-saat-ini.html

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Visitor

About

Blogroll

Blogger templates

Blogger news

Diberdayakan oleh Blogger.