Desa Terindah juga ada di Indonesia

                     Who say desa terindah cuman ada di Italy, Belanda dan negara lainnya yang berada jauh di seberang sana?
Di Indonesia juga ada lohh, tau gak dimana?. Udah gausah mikir biar langsung aku kasih tau aja.

uluuuh uluh kayak lukisan yah, okay desa terindah ini namanya Nagari Pariangan, sebuah desa di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. gambar itu aja keknya kurang, nih aku kasih lagi biar tambah terkesima.

            Nagari Pariangan merupakan desa kuno dan sebagai cikal lahirnya sistem pemerintahan khas masyarakat Minangkabau, yang populer dengan nama nagari. Namun, sistem pemerintahan nagari hanya bertahan sampai tahun 1980 menyusul lahirnya undang-undang tentang perubahan sistem pemerintahan tingkat bawah yang mengharuskan nagari diganti dengan sistem pemerintah desa, sebagaimana yang berkembang pada masyarakat Jawa.

            Di desa ini terdapat sebuah mesjid terbesar yang berusia ratusan tahun yang dikenal dengan Masjid Ishlah. Masjid dengan gaya arsitektur Dongson ala dataran tinggi Tibet, menggambarkan betapa majunya peradaban Minangkabau kala itu. Di desa ini pun terdapat bangunan rumah gadang dengan dinding terbuat anyaman rotan, ukiran kayu sebagai ciri khas bangunan di Sumbar. Rumah gadang ini di antaranya seperti Balairung Sari Tabek atau Rumah Gadang tertua di Minangkabau, Rumah Gadang Dt. Bandaro I, Rumah Gadang Dt. Rangkayo Sati, Masjid Tuo Pariangan, serta Monumen Api Porda.
Nah, gimana ?. Aku sendiri juga belum pernah ke sana sih :'D. Barangkali ada yang mau ngajak + bayarin yaa wkwk. Yaudahlah udah dulu post ini, sampe ketemu post selanjutnya.


gambarnya dari google :')

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Visitor

About

Blogroll

Blogger templates

Blogger news

Diberdayakan oleh Blogger.